the princess and the frog

The Princess and the Frog adalah film animasi musikal keluarga Amerika tahun 2009 yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios, terinspirasi oleh novel karya E.D. Baker, The Frog Princess, yang juga terinspirasi oleh dongeng Grimm bersaudara, “The Frog Prince”.[2][3][4] Film ini dirilis terbatas di New York dan Los Angeles pada 25 November 2009 dan dirilis mendunia oleh Walt Disney Pictures pada 11 Desember 2009. Film ini disutradarai oleh John Musker dan Ron Clements, sutradara dari film The Great Mouse DetectiveThe Little MermaidAladdinHercules, danTreasure Planet dengan lagu dan musik disusun oleh Randy Newman dan menampilkan suara Anika Noni Rose, Bruno Campos, Keith David, Michael-León Wooley, Jennifer Cody, Jim Cummings, Peter Bartlett, Jenifer Lewis, Oprah Winfrey,[5] Terrence Howard, dan John Goodman. Karakter utama dalam film ini adalah Tiana, putri Disney pertama yang berkulit hitam.

Tiana merupakan penghuni muda New Orleans tahun 1926. Sejak kecil, dia memiliki semangat dalam seni kuliner dan bekerja pada dua pekerjaan sekaligus untuk menghemat uang dan akhirnya membuka restoran sendiri. Charlotte La Bouff, teman masa kecil Tiana, mempekerjakannya untuk menyediakan minuman untuk pesta menyamar Mardi Gras yang diatur oleh ayahnya yang kaya, Eli La Bouff. Eli, Raja abadi dari Mardi Gras, berusaha untuk menyambut Pangeran Naveen dari Maldonia yang baru saja tiba, sebagai pelamar yang layak untuk putri kesayangannya. Tiana sangat senang akhirnya dapat membeli dan merenovasi sebuah pabrik gula tua menjadi restorannya.

Pangeran Naveen telah dicabut hak warisnya, miskin dan tidak terampil tetap berniat menikahi seorang wanita kaya daripada belajar berdagang. Dia dan pelayannya, Lawrence menemui Dr. Facilier, seorang dokter penyihir voodoo yang meyakinkan mereka bahwa dia dapat memperbaiki kehidupan mereka. Sebaliknya, Facilier mengubah Naveen menjadi katak dan memberikan Lawrence jimat voodoo, diisi dengan darah Naveen, apabila dipakai dapat mengubah penampilannya menjadi seperti Naveen. Facilier mempunyai maksud tertentu untuk Lawrence dibawah kedok Naveen, untuk menikahi Charlotte dan mendapatkan jalan ke kekayaan ayahnya.

Di pesta, Charlotte menggoda Lawrence saat Tiana mengetahui dia mungkin akan kehilangan pabrik karena ada penawar yang lebih tinggi. Tiana kemudian bertemu dengan Naveen, yang percaya bahwa Tiana adalah seorang putri karena kostum yang dipakainya, meminta Tiana untuk menciumnya dan mematahkan kutukan Facilier. Tiana setuju, tapi dengan imbalan berupa uang yang dibutuhkan untuk mengalahkan pembeli lain. Namun bukan Naveen yang berubah menjadi manusia, malah Tiana yang berubah menjadi katak. Naveen dan Tiana melarikan diri ke sebuah rawa.

Lawrence kemudian melamar Charlotte, yang dengan gembiranya setuju, tetapi sihir Facilier habis dan Lawrence kembali ke bentuk aslinya. Facilier memberitahu Lawrence kalau mereka membutuhkan satu sampel darah pangeran untuk memperpanjang mantra, tetapi Facilier mengetahui bahwa Lawrence dengan bodoh telah melepasnya. Facilier berbalik kepada dewa voodoo untuk meminta bantuan dengan janji apabila Lawrence telah menikahi Charlotte, dia akan memiliki kuasa penuh atas New Orleans dan akan menawarkan nyawa penduduknya sebagai bayaran. Para dewa voodoo memberikan setan bayangan Facilier yang kemudian dikirim untuk mencari Naveen.

Di rawa, Tiana dan Naveen bertemu Louis, seekor buaya yang bermain terompet dan Ray, kunang-kunang Cajun. Louis dan Ray menawarkan untuk memimpin mereka menuju pendeta voodoo yang baik, Mama Odie, yang mereka percaya dapat membatalkan kutukan. Mama Odie memberitahu katak bahwa Naveen harus mencium seorang putri yang benar bagi mereka untuk menjadi manusia. Mereka memutuskan apabila Eli La Bouff adalah Raja Mardi Gras, maka Charlotte adalah seorang putri. Empat kawanan tersebut kembali ke New Orleans dalam rangka untuk menemukan Charlotte sebelum pesta Mardi Gras berakhir di tengah malam. Tiana dan Naveen menyadari bahwa mereka saling mencintai, tetapi sebelum mereka bisa mengakui perasaan mereka, Naveen tertangkap dan dibawa ke Facilier.

Sebelum Lawrence (menyamar sebagai Naveen) dan Charlotte bisa menikah, Ray membantu Naveen melarikan diri dan mencuri jimat. Ray memberikan jimat kepada Tiana dalam rangka untuk menahan pelayan Facilier, tetapi Ray dibunuh oleh Facilier. Facilier kemudian menghadapi Tiana dan menawarkan untuk membuat restoran impiannya menjadi kenyataan dengan menukar jimat tersebut, tapi Tiana menolak dan menghancurkannya. Roh-roh voodoo yang marah menuntut Facilier sebagai pembayaran atas janjinya dan menyeretnya ke neraka.

Tiana dan Naveen mengungkapkan cinta mereka satu sama lain dan menjelaskan situasi ke Charlotte, yang setuju untuk mencium Naveen. Sayangnya, jam sudah mencapai tengah malam sebelum dia bisa menciumnya, tetapi keduanya memutuskan bahwa mereka puas untuk hidup bersama sebagai katak. Setelah pemakaman Ray, Tiana dan Naveen dinikahi oleh Mama Odie. Karena status baru Tiana sebagai putri, mereka dikembalikan kembali ke bentuk manusia setelah mereka berciuman. Pasangan itu kembali ke New Orleans untuk merayakan dan dengan bantuan Louis, akhirnya Tiana dapat membeli dan membuka restoran baru.

peran dan pengisi suara

  • Anika Noni Rose sebagai Tiana / “Tia”, seorang pelayan berusia 19 tahun dan bercita-cita menjadi koki. Dia dikenal pintar, pekerja keras, dan wanita mandiri.[7] Tadinya Tiana hendak diberi nama “Maddy“. Mark Henn menjabat sebagai pengawas animator untuk Tiana dalam bentuk manusia dan katak, menjadikannya sebagai salah satu putri dari beberapa karakter wanita Disney.[8]
    • Elizabeth Dampier mengisi suara Tiana kecil.
  • Bruno Campos sebagai Pangeran Naveen, pangeran berumur 20 tahun dari Maldonia. Randy Haycock menjabat sebagai pengawas animator untuk Naveen baik dalam bentuk manusia maupun katak.[3]
  • Michael-Leon Wooley sebagai Louis, ramah, neurotik, buaya amerika yang senang bermain terompet dan bermimpi untuk menjadi manusia sehingga dia dapat bergabung dengan sebuah band jazz. Eric Goldberg, sebagai pengawas animator Louis dan karakter lainnya,[3] memenangkan Annie Awards untuk Animasi Karakter dalam Produksi Bersama atas karyanya dalam film.[9]
  • Jim Cummings sebagai Ray, kunang-kunang Cajun yang kenal dengan Mama Odie dan menawarkan untuk membantu kodok mendekatinya. Ray memiliki cinta yang tak terbalas olehBintang Sore. Mike Surrey adalah pengawas animator untuk Ray.[3]
  • Keith David sebagai Dr. Facilier, juga dikenal sebagai “Manusia Bayangan”. Bruce W Smith sebagai pengawas animator untuk Dr. Facilier dan dinominasikan dalam Annie Awards untuk Animasi Karakter dalam Produksi Bersama atas karyanya.[9]
  • Jennifer Cody sebagai Charlotte “Lottie” La Bouff, teman masa kecil Tiana. Nik Ranieri menjabat sebagai pengawas animator untuk Charlotte sebagai anak dan orang dewasa.[3] Jennifer Cody memenangkan Annie Awards untuk Pengisi Suara dalam Produksi bersama untuk penampilannya.
    • Breanna Brooks mengisi suara Charlotte kecil.[9]
  • Jenifer Lewis sebagai Mama Odie, seorang pendeta voodoo buta yang berfungsi sebagai ibu peri dalam film. Deja Andreas pengawas animator untuk Mama Odie dan ular hewan peliharaannya, Juju, dinominasikan Annie Awards untuk Animasi Karakter dalam Produksi Bersama.[9][10]
  • Peter Bartlett sebagai Lawrence, pelayan Pangeran Naveen yang direkrut oleh Dr. Facilier sebagai mitra dalam rencananya dengan mengubah dirinya agar terlihat seperti Naveen. Anthony DeRosa adalah pengawas animator untuk karakter Lawrence.
  • John Goodman sebagai Eli “Big Daddy” La Bouff, pemilik pabrik gula yang kaya raya dari Selatan dan ayah dari Charlotte La Bouff. Duncan Marjoribanks adalah pengawas animator untuk “Big Daddy” La Bouff.[3]
  • Oprah Winfrey sebagai Eudora, ibu Tiana.[5] Ruben Aquino menganimasikan baik Eudora dan suaminya, James.[3]
  • Terrence Howard sebagai James, ayah Tiana yang membantu menanamkan etos kerja yang kuat di Tiana. Dia terbunuh dalam Perang Dunia I.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s